KUE CUCUR

Gambar
KUE CUCUR

Gegara makan bubur manado disalah satu tempat kuliner favorit keluarga kami di kota Solo… sempat melihat kue bulat manis berwarna coklat di ujung meja makan..saking penasarannya saya ambil kue itu..bentuknya unik ada yang menonjol ditengah seperti Gong gamelan.. dan setelah saya icip2….ehmmm nyummiiii banget rasanya sangat manis sekali…enak!!!
dan saya pun mulai teringat kue ini.. dulu saya pernah memakannya saat saya masih sekolah..tepatnya saat mami saya masih hidup (sekarang sudah almarhumah)…
iya ini salah satu kue tradisional kesukaan mami saya.
ehmmmm… pikir punya pikir jadi pingin eksekusi kue ini..hanya saja saat itu saya lupa dan tidak tau namanya apa??😀
setelah browsing2 di internet akhirnya ketemu juga… dengan kata kunci di google “kue tradisional khas manado” ooow ternyata namanya kue cucur… browsing2 lagi tertulis disana kalo kue ini juga menjadi makanan khas daerah lain seperti jawa barat Betawi/ Sunda..entah deh benar yang mana…mungkin tiap daerah punya kue cucur sendiri2 kali ya…soto aja tiap kota ada ..cucur mungkin salah satunya hehe…yang jelas kue cucur ini salah satu kue tradisonal khas Indonesia.
Harus berbangga hati negara yang kita cintai ini memiliki sejuta makanan dan kuliner yang beraneka ragam lezat dan nikmat yang perlu kita lestarikan.

salah satu melestarikannnya adalah dengan cara meng-eksekusinya..Yesss!!🙂

Jadi gak sabar eksekusi kalo begini caranya (baca: ngilerrr duluan) iya kaaaaaaan….
Nah bagi yang penasaran dengan resep Kue Cucur berikut Resepnya. ini salah satu resep kue cucur yang menurut saya menarik dan enak untuk di coba..simple dan mudah.

KUE CUCUR
Re-cooked by. eka-amorakitchen
(adaptasi dari resep DapurGriyaKhayangan)

Bahan:
500 mi air santan kelapa (saya pakai santan kara)
1 lembar daun pandan
2 lembar daun jeruk purut (saya tidak pakai.. karena tidak ada :D)
200 gr gula merah + 50 gr gula pasir
1 sdt garam
250 gr tepung beras
50 gr tepung terigu

Cara membuat:
1. Rebus gula merah, gula pasir, air santan kelapa 500 ml bersama daun pandan dan daun jeruk purut, masak hingga mendidih dan gula larut, biarkan hangat.
2. Masukkan air gula hangat ke dalam campuran tepung beras dan tepung terigu…lalu masukkan garam, adonin aduk dengan cara di kopyok dengan memakai tangan hingga adonan rata dan licin.
3. Terus lakukan mengadon dengan tangan sambil cairan tepung di kopyok..maksudnya dikeplok-keplok pake tangan, kopyok selama 20 menit.
4. Diamkan adonan atau istirahatkan kurang lebih 2-6 jam, lebih lama lebih baik.

5. Goreng diwajan panas (api sedang saja) satu sendok sayur dengan minyak goreng panas (kira-kira 5 sendok makan minyak goreng).
6. Kalau sudah kelihatan ditengah-tengah cucur menggembung..tusuk dengan lidi/tusuk gigi…untuk tes kematangan. dan jangan lupa sambil disiram-siram dgn minyak bagian atasnya cucur. Jika sudah kering dan matang angkat, lakukan sampai adonan habis digoreng.

Alhamdulillah done… beginilah hasil foto nya….Suka krn Rasanya yg manissss …
Tapi gak tahan dengan minyak nya yg wow banget…
wajib sedia tisue untuk menghilangkan minyak-minyak yang menempel.

Next insyallah tidak akan bosan dengan kue ini… next eksekusi saya ingin buat lagi…hanya saran jangan sering2 ya..kolesterol tinggi ,,,oily bangetttt🙂

14517421_1641018566195654_380263331794688351_n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s