GLUTEN FREE BROWNIE

Standar

Alhamdulillah akhirnya nyempetin ngeblog lagi… ngeblog yang tertunda..begitulah ceritanya. maklum sibuk urus anak & urus pesanan brownies gluten free hehe🙂.

Akhirnya kesampaian jg share resep Brownies saya ini..maap baru sekarang bisa share resepnya….oke lanjutttt yes…

BROWNIES…!!!

ehmm denger kata2nya sudah terbayang Coklat yang enaaaaak banget.
Bagi pecinta kuliner manis..pasti gak asing dengan istilah Brownies /brownie.. salah satu kue coklat favorit di dunia. saya & keluarga pun suka sekali brownies!!
Bukan sembarang brownies… saya memilih yang berbeda dengan brownies pada umumnya dan lebih SEHAT tentunya..terutama yang memiliki sensitifitas terhadap gluten lebih cocok mengkonsumsi brownies ini…iyes namanya..  Gluten Free Brownies.
Kalo brownies yang sudah banyak beredar.. menggunakan bahan tepung terigu,, namun kali ini saya lebih memilih membuat yang bebas gluten (tanpa terigu), mengingat beberapa keluarga saya (termasuk saya) memiliki gangguan pencernaan. Dengan melalui proses panjang..modifikasi & mengutak atik resep…makin kesana upgrade resep lagi dan buat yang lebih enak lagi….Alhamdulillah akhirnya tercipta juga resep brownies ini dengan ciri khas gluten free nya yang pastinya lebih sehat dong. Alhadulillah semua suka brownies ini… gak ketinggalan Kimora & Aurel pun gak bosen2  ngemil brownies sehat ini😀

Nah perlu tau juga…..
Apa itu Gluten?

Tepung terigu berlimpah kandungan gluten, jenis protein yg sulit dicerna. Akan menempel kuat di dinding usus spt lem. ” gluten adalah suatu protein zat mirip lem yg menyatukan bulir2 gandum dan padi2an tertentu ( gluten jg melekat di dinding usus spt lem). Sensitivitas gluten dpt muncul sbg gejala ringan spt kembung, rasa tdk enak diperut, dan pilek, hingga gejala berat spt syndrom iritasi usus, skt kepala, migrain, nyeri sendi dan otot,asma, dan gangguan suasana hati. Mungkin jg timbul gangguan pencernaan yg serius , antara lain penyakit celiac sprue. Pada celiac, vilus (jonjot) usus halus rusak, shg mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi yg parah. Hal ini kemudianmenyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh, penurunan berat badan, diare, lesukronis. (Wied Harry: beberapa gangguan kesehatan akibat gangguan sistem metabolisme, spt lupus, auitisme, ADHD, juga diduga akibat asupan tinggi gluten)”.

Mungkin itu sedikit penjelasan dari sumber yang saya ketahui.
Sumber: buku “Pencernaan Sebagai Kunci Hidup Sehat”, Alice M. Sorokie.
Diterjemahkan dari judul aslinya GUD WISDOM.

Nah penasaran dengan resep gluten free brownie ala saya … ^_^

GLUTEN FREE BROWNIES
Resep by. eka amora kitchen

Bahan :
A. 125gr gula pasir (bisa dikurangi sesuai selera)
     2 butir telur utuh

B. 70 gr tepung beras
     30 gr tapioka
     30 gr coklat bubuk
     2 sdm susu bubuk
     sedikit garam (optional)

C. 100 – 125gr Dcc (dcc cincang halus)
     60 gr butter

D. 40 gr minyak sayur
     2 sdm nescafe cairkan dulu sedikit dengan air panas (optional)

Cara membuat :

1. Oles loyang dengan minyak sayur, beri kertas roti, kemudian oles lagi dengan minyak sayur. Sisihkan.
2. Panaskan oven kurang lebih 15 menit.
3. Lelehkan bahan C dengan cara di tim.
4. Kocok bahan A dengan mixer cukup sebentar saja (jangan sampai mengembang).
5. Dalam wadah lain campur bahan B aduk rata.
6. Masukkan campuran bahan B kedalam adonan telur sambil diayak, sedikit demi sedikit, aduk dengan spatula sampai merata.
7. Masukkan bahan cair = lelehan dcc + butter, minyak sayur, dan nescafe aduk rata.
8. Tuang kedalam loyang brownies.
9. Beri toping sesuai selera.
10. Siap di panggang kurang lebih 30 menit (sampai matang).

NB:
saat masih panas (keluar dari oven) brownies akan terasa lembek saat disentuh dengan tangan, biarkan dingin di suhu ruang, perlahan lahan toping brownies akan mengering dan terasa crispy & fudgy saat digigit. Lebih nikmat brownies disantap setelah berdiam lama di dalam lemari es. Lebih nyummyyy lhoo….makin terasa chewynya, bisa juga dijadikan frozen brownie…simpan dlm wadah kedap udara masukkan frezer bisa awet sampai 2 minggu.🙂

Selamat Mencoba🙂

10995470_1438097806487732_8063327970099904815_n

11046355_726623557435084_2725035631201581252_n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s