DONAT KENTANG EMPUK

Standar

Halooo…maaf banget baru sempet saya posting step by step donatnyaa sekarang.. sebenarnya udah kepengen posting dan upload foto hasil eksekusi donat saya yang pertama kalinya..namun berhubung kemaren HP saya sempet mondok di tukang servis…jadi tak ada kesempatan untuk berlatih food photography donat saya yang kemaren. Nah saatnya sekarang mulai action kembali… HP sudah baikan..jadi kamera bisa dimanfaatkan untuk foto2in adonan donat dll..Ribet juga sih,, tapi demi memberikan informasi yang lebih jelas dan detil bagi yang mencari info step by step membuat donat…maka saya luangkan waktu untuk meng-abadikannya😀

Browsing-browsing akhirnya nyantol sama resep donat kentang empuk ala mbak Nina Naura… mengapa saya memilih resep beliau.. karena banyak review donatnya empuk dan mudah dibentuk adonannya.
Karena ini eksekusi donat saya yang ke-2 kalinya…jadi harap maklum yaa…kalo penampilannya masih kurang rapih hiasannya hehe…maklum masih belajar bikin donat,,tapi jangan ditanya lhoo soal RASA mantab dan empuk!! anak2 saya ketagihan… dan langsung ludes bagi2 ke sodara2 juga. Satu resep ini jadi 20 donat (saya buat 50-60 gram).

mari sama-sama belajar yuk…kita uji coba resep ini..gak bakal nyesel lhoo…karena resep ini empuuuuuuk banget walopun sampe 2hr disimpan masih berasa empuknya. Masalah yang agak berat bagi saya adalah untuk masalah ulen menguleni donat memang butuh tenaga superrr duper power ya,,,iya capek juga ternyata,,mungkin karena belum terbiasa nguleni donat hehehe.. apalagi saya ini kurus..harusnya bapaknya yg nguleni..tapi gak mungkin lah yaaa😀 salut lhoo buat ibu2 yang jualan donat itu.. pasti lengannya gede2 ya..hahaha becanda.

yang jelas demi anak dan demi blog ini lebih lengkap dengan resep donatnya, tentunya harus semangat di eksekusi dong!! biarpun capeknya puol haha.. memang benar kata teman saya mbak Retno NinNauf Snack (si bakul donat sukses) membuat donat itu harus santai dan sabar yaaa…😀 Thanx ya mbak Retno yang udah berbagi tips2 untuk donatnya,,semakin sukses pokoke…uhuiiii.

langsung aja…
Berikut ini Resepnya ya…^_^

DONAT KENTANG EMPUK
Resep by. Nina Naura
Recooked by eka – amorakitchen

Bahan A:

– 500 gr tepung protein tinggi / sedang (saya menggunakan protein tinggi)
– 75 gr gula halus
– 250 gr kentang kukus, haluskan

Bahan B :
– 11 gr ragi instant (saya pake fermipan)
– 150 ml air hangat swam2 kuku
– 1 sdt gula pasir

Bahan C :
– 2 kuning telur
– 75 gr margarin
– Garam secukupnya (1/2 sdt)

Berikut ini step by step cara membuat donat kentang:

siapkan bahan inti berikut

12249988_1518902851740560_6861509282776803387_n

proses pengaktifan ragi

fermipan1-vert

Aktifkan ragi, caranya larutkan bahan B ragi dalam air hangat, aduk dan tunggu kurang lebih 8-10  menit sampai ragi berbuih. Jika ragi berbuih artinya ragi masih bagus dan aktif. Jika tidak berbuih, maka ragi sudah tidak aktif (harus diganti raginya dengan yang baru, karena donat tidak akan mengembang jika ragi sudah mati). Disini saya menggunakan ragi fermipan.

Cara membuat step by step:

do1-tile

cara mengikuti nomor yang ada di gambar:

no. 1 & 2 = Masukkan bahan A, aduk dengan tangan hingga tercampur, Masukkan bahan B uleni sebentar (setengah kalis).

no. 3 , 4, 5 =  Masukkan bahan C, uleni hingga lembut dan kalis.

no. 6 = Diamkan adonan -+ 30 menit hingga mengembang, saya tutup dengan serbet/kain basah atau lembab.

no.7 = penampakan  adonan mengembang 2x lipat.

no. 8 = Kempiskan adonan, uleni lagi sebentar, timbang adonan sesuai selera (saya timbang

50-60 gram) bentuk bulat2 agak memipih, tata diatas loyang yang diberi taburan tepung, diamkan lagi hingga mengembang (tutup dengan serbet/kain basah atau lembab).

tutup -vert

setelah mengembang & siap digoreng, tusuk bagian tengah bulatan tadi dengan spuit hingga terbentuk lubang donat (saya menggunakan cara manual cukup dengan jari saja), cukup sampai membuat cekungan saja tidak perlu sampai plong.

Bagi yang punya cetakan donat bisa menggunakannya.. kalo saya lebih memilih manual pake jari karena bagi saya lebih mudah.. mungkin karena saya belum terbiasa menggunakan cetakan ya..pake cetakan justru bentuknya amburadul seperti ini niee penampakan donat saya kalo pake cetakan.. atas terlihat mulus tapi bagian bawah bikin kaget yg lihat hehe.. cukup 3 donat saja yang saya cetak.. buat percobaan ;p

cetak

Lanjuuut yaaaa….

Nah ini ni tahap yang paling saya suka…menggorengnya seru lhoo diputer puter gitu … asiknya kalo sambil njoget niee…tapi awas ya kecipratan minyak… sempet terjadi tragedi dimana saat memamsukkan donat jari saya sempet nyusss masuk ke minyak goreng panas heheeh,,saking semangatnya.. -_- untung jari saya masih aman😀

gorengnya sambil ditusuk menggunakan sumpit memutar hingga terbentuk lubang, goreng dengan api kecil sampai kuning/ coklat keemasan.

Lihat..menul menul sekali donat saya…menggairahkan😀

karena masih pemula di perdonatan..maap bentuknya masih blm rapih bulatannya.. ada yg besar ada yg kecil,,masih manual dengan jari🙂

don1-tilesetelah matang.. dinginkan.. dan siap di hias toping sesuai selera..🙂

inilah penampakan donat saya eksekusi yang ke 2 kalinya… dan harap maklum masih belum rapi hias2 nya😀

lumayanlah buat mengisi waktu dan hobi saya di dapur

yang bikin mesem2 lagi adalah Alhamdulillah semua sukaaaaaaaa..YES🙂

tidak sia2 kalo udah capek ini tangan bergerilya ngulenin xixi

blog1

blog goodSELAMAT MENCOBA🙂

Terimakasih sudah mampir di blog saya..

maaf jika ada kekurangan dan kata yang kurang berkenan… Happy Cooking🙂

Tinggalkan Balasan

