Seblak Basah Daun Jeruk

Standar
Seblak Basah Daun Jeruk
Seblak…
awalnya sih gak tau apa itu seblak.. ? setau saya seblak itu pemukul kasur kali ya (eh bener gak sih,,hehehe…)
Oooo…. ternyata ini salah satu kuliner yang sedang booming bombastis di Jawa Barat tepatnya Bandung.
Dan akhirnya jadi bahan pembicaraan di mana-mana bahkan di grup masak juga.
Tentunya saya makin penasaran…. browsing sana sini ketemu juga deh resep nya dari Femina punya.
Langsung eksekusi,,,,ternyata enaaaaak ajib banget ya… walopun cuma krupuk sebagai bahan dasarnya.
Jadi makin sering bikin dirumah. Coz benerannn enak banget… Rugi kalo belum cobain sendiri…karena gampang banget… kaya bikin nasi goreng (tumis cabai dkk.. langsung plung2 aja).
kebetulan dirumah gak ada stok bakso sapi,,jadi seadanya saja ya… karena belum sempet beli ke pasar / supermarket, udah kebelet penasaran pengen eksekusi. hehe
berikut bahan & cara membuatnya.
its simple!!
SEBLAK BASAH DAUN JERUK
Resep by. eka – amorakitchen

Bahan & bumbu ala saya:

-Kerupuk apa saja ( saya pake kerupuk udang kuning kecil2),
-Macarony ukuran agak besar,
-Sosis, bakso, jamur dll (sesuai selera)
-Sayuran apa saja (saya pake sawi putih),
-Telur ayam 2 butir kocok lepas
– daun bawang & sledri


Bahan dihaluskan:
Cabe rawit 10 biji (sesuai selera pedasnya)
kencur kurleb 3 cm,
kunyit kurleb 3 cm (saya ingin ada sensasi warna kuningnya biar lbh sedap) ,
bawang merah 3 siung ,
bawang putih 4 siung ,
garam secukupnya,
lada putih,
kecap manis ,
1 sdt gula (secukupnya),
royco ayam,
gak lupa saya tambahi “daun jeruk” supaya lbh seger aromanya wangii dan makin sedapppp.
Cara Membuat :
– Rendam krupuk  dengan air panas kurang lebih selama 10 menit hingga setengah lunak. Tiriskan dan sisihkan.
– haluskan bumbu, Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bakso, sosis dan sayuran. Aduk rata.
-Tambahkan air, masak sebentar
– Masukkan krupuk sagu. Aduk hingga rata.
– Tuang telur kocok, aduk cepat hingga berserabut.
– Bumbui dengan garam dan gula, royco. Test rasa hingga pas.
– masak hingga matang sempurna
– Angkat dan sajikan hangat.
14720330_1642297702734407_186579915111629369_n
foto: terbaru (sesuai resep)
10987420_1430259993938180_2629560028125275669_n
foto versi lama: hanya kerupuk & telur saja
Note:
bahan bisa dimodifikasi sesuai selera ya… mau ditambah sosis ayam/sapi, daging ayam cincang, ceker ayam, makaroni dll sesuai selera.
Karena sekarang sudah makin menjamur pedagang gerobak seblak basah dengan bahan yang bervariasi🙂
Kalo bisa buat… bahan mudah didapat..kenapa harus beli!!
Yukk kita ke dapur… buat seblak basah buatan sendiri…dijamin kebersihannya dan lebih puasssssssss
Happy Cooking.. ^_^
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s