Roti Maryam

Standar

Hello …late post lagi ceritanya..sebenarnya sudah lama eksekusi Roti maryam ini.. namun berhubung the sibuk mommy….baru bisa nge-post sekarang hihiiii.. :p

saya adalah salah satu pecinta kue maryam bangettttt… sempet ngidam kue timur tengah ini saat hamil kedua.. setiap kali jalan-jalan ke moll pasti deh beli kue maryam rasa coklat. sukaaaa banget…bahkan anakku yang pertama juga doyan.

Sering beli..tapi lama kelamaan penasaran juga.. bagaimana  ini roti bisa berlapis-lapis?…penasaran cara buatnya. Akhirnya ketemu deh resep nya mbak vivi (jajanevivi)… tertarik dengan proses step by step nya,  sepertinya menarik jadi makin tertantang untuk ikut mengeksekusinya.

diadaptasi dari resepnya mbak vivi yang pake 1 kg tepung… saya hanya coba buat setengah resepnya saja.

ROTI MARYAM

Bahan:

1/2  kg tepung terigu

1 butir telur utuh

1 butir kuning telur

2 sdm susu bubuk

1/2 sdt garam
87,5 cc minyak goreng
225 ml air hangat
Cara membuat:

1 =  Siapkan wadah / baskom, masukkan air, telur, minyak goreng aduk rata dengan whisker/ garpu sampai rata. Masukkan tepung terigu & garam kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni sampai benar2 kalis.

Timbang adonan masing2 75gr atau 50 gr (kalo saya timbang 80 gr agar lebih gedean). Buat bentuk bulat.
Tata bulatan tadi diatas loyang, beri jarak antar adonan, olesi permukaan adonan dengan minyak goreng agar tidak kering. Tutup dengan plastik dan atasnya tutup lagi dengan serbet basah diamkan selama 1 jam.

2 = setelah satu jam, ambil adonan dan tipiskan (cukup pake tangan) diatas meja yang bersih beri minyak goreng agar tidak lengket, olesi rata dengan 1 sdm margarin.

3 =  lalu gulung pelan2, lakukan pada setiap adonan, lalu diamkan kira2 selama 15 menit. (beberapa dari adonan saya beri coklat meses/ cream coklat didalamnya).

4 & 5 =  Ambil satu adonan dan tarik perlahan sampai panjangnya 2x lipat dari ukuran semula, lalu gulung melingkar ke arah yang berlawanan seperti huruf S, ketika sampai ditengah tumpuk (lakukan pada semua adonan).

6 =  ambil satu adonan letakkan diatas kertas roti pipihkan kira2 1/2 cm.

panaskan teflon pakai api kecil,ambil satu adonan masak sampai matang, tanpa diberi minyak ya teflonnya karena di adonan ini sudah ada minyak dan margarinnya.
Roti maryam siap dinikmati.

 Oya.. Bisa disimpan dalam frezer untuk stok (saya biasanya memasaknya setengah matang baru masukkan dalam frezer). Mau dimakan besok ato kapanpun bisa,,tinggal dipanaskan kembali diatas teflon. praktis kan..cocok buat bekal anak lho..🙂

Step by step nya…

all mar

10382148_10203395701481730_929721676301245003_n

Roti Maryam siap dihidangkan…🙂

Original & Isian Coklat

blog4

blog3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s