Asal Muasal saya mulai mencintai dunia masak (baking)

Standar

Halloo semua..ketemu lagi ya….
sudah sekian lama tulisan (blog) saya ini terbentuk sejak tahun 2009 hingga sekarang.. mulai dari tulisan yang berisikan tentang
Pernikahan, Kehamilan, Anak, dunia jahit khususnya kreasi flanel, hingga skincare.
Namun dengan begitu terbatasnya waktu alias ibu RT yang bin sibuk dengan 2 anak balita… mau gak mau blog saya ini sempet vakum lamaaaa….
yah maklum ya sebagai ibu tanpa asisten…dan penyambi bisnis, jadi repotnya bangettt…hingga jarang membuka blog
lagi, kecuali membuka laptop hanya sekedar menjalani bisnis olshop saya😀 (karena itu kebutuhan finansial penting bagi saya & keluarga)
Nah mumpung ada waktu….. saatnya menengok sebentar laptop saya lagi.

ehmm…sepertinya belum lengkap ya kalo saya memeriahkan blog ini dengan tulisan saya yang tentunya
semua orang suka…kebutuhan yang gak akan pernah habiss..dan akan terus dibutuhkan setiap harinya…yup tentu saja dunia makanan
lebih kerennya disebut “dunia kuliner”:D
dari kuliner itulah ada subyek yang paling terpenting adalah…siapa yang mengolah makanan (aneka masakan & kue)?
tanpa “siapa” disini..olahan makanan tidak akan pernah ada di dunia.
siapa disini yang saya maksud adalah CHEFF.(seseorang ahli masak/ baking di dunia kuliner).
Namun cheff yang saya maksud disini tidaklah harus yg sampai ahli spt halnya cheff2 terkenal di dunia seantero jagad raya hoho.
sederhananya adalah koki Rumahan. paling tidak kita sebagai wanita / ibu harus bisa yang namanya memasak.
Yes is Cooking!! its RIGHT!!

Awal cerita.. ketertarikan saya di dunia “cooking / baking..antusiasme saya untuk menjadi “koki rumahan” hehehe😀 tepatnya akhir tahun 2014 sepele sih..gegara sering membeli kue kering buatan teman kantor suami saya, sebut saja Ibu Chem.
Mungkin karena teman sendiri..pastinya ada harga special donk…lebih murah hihihi…
Awalnya sih membeli untuk kebutuhan Lebaran.Saya suka sekali dengan kue2nya beliau.. terutama kue putri saljunya (salah satu kue kering favorit saya)
rasanya tentu enak.
Beli sekali..cocok,,ketagihan..beli lagi dan lagi…
Namun saya mulai berfikir,,,, ini kue enak & lezat sekali… uang habis dan boros kalo sering beli terus.
Kenapa gak saya saja yang membuatnya?? mulai berfikir lagi,,, bagaimana saya bisa membuat? saya belum punya keahlian membuat kue?? masih NOL..NOL dan NOL!!!
seringkali melihat posting teman di dunia maya yang berlomba2 menunjukkan hasil foto karya masakannya…yang tentunya menggugah selera… ehmm…. so kreatif!!
saya makin berfikir. mereka bisa..kenapa saya tidak bisa?? tentunya Bisa dong kalo mau belajar!!

yesssss!! akhirnya tanpa babibu…saya langsung browsing2 di internet… beli buku Resep di Gramedia.. belajar singkat dengan tante saya & teman saya mak Tika yang jago bikin kue..
(bisa dibilang belajar singkat lewat bbm),
mencari info bagaimana cara & tips untuk sukses belajar memasak / baking..melihat video2 nya di youtube. saya lakukan dengan cara otodidak.
Maklum almarhum mami yang jago masak sudah tidak ada…jadi tidak ada yang bisa mengajari saya secara langsung😦
saya Survei satu2 resep terfavorit oleh orang2 hebat & kreatif di internet.,resep mana yang kiranya terbaik yg akan saya pilih sebagai acuan belajar saya untuk pertama kalinya sebagai pemula.
Menyenangkan sekali ternyata.
tanpa basa basi,,,langsung cek perabotan baking di rumah….buka dus2 yang sudah lama tidak dibuka..penuh debu.
Alhamdulillah ketemu jugaaa… ada peninggalan Mixer Jadul & loyang2 punya almarhum Mami saya.

IMG_20150113_135718

Saya tes…Alhamdulilah masih berfungsi dengan baik…padahal itu Mixer jadul merk Philliph beli tahun 1993 (kalo tidak salah..jaman saya masih SD kelas 3)😀
wow tuaaaaa sekali….masih aweeeeet.
Kasihan juga kan kalo barang sekeren ini dibiarkan begitu sajaaaa….
dengan semangat 45…dengan keyakinan yang 100% yakin..bahwa saya pasti bisaaaa seperti mereka!!!…
yaaa bisa membuat kue2 tentunya (secara saya suka banget ngemil)😀.
Langsung esoknya saya mebicarakan soal ini kepada suami,,,bahwa saya berniat ingin belajar baking!!
Suami senang sekali…dan tentunya turut suport dong🙂
esoknya minta tolong suami untuk diantar ke Toko bahan kue, beli bahan2 yang dibutuhkan beserta loyang2 dan kawan2 nya🙂
saking semangatnya..sampe terbawa mimpi,,,,,gak sabar segera besok untuk eksekusi resep yang sudah saya pilih.
Pasti sudah ketebak donk,,Resep apa yang saya pilih… di awal sudah saya jelaskan…saya begitu penasaran dengan kue salju buatan ibu chem
hehehe,,,,ya itu dia yang bakal saya eksekusi untuk pertama kalinya..& untuk pertama kalinya saya bikin kue kering..
(menyentuh alat2 baking pertama kalinya secara maksimal) hehehe..😀

Ternyata tidaklah susah..walopun ada liku2 yang tidak selalu mulus….seperti pengalaman saya ini,
eksekusi kue putri salju pertama kali pake resep di internet (lupa blognya siapa??) gagal…karena masalah sepele yaitu salah nakar (entah sepertinya saya yg kelupaan,,
ato resepnya yg salah?? i dont know)..
yang jelas gula halusnya kebanyakan jadi digigit keras atau alot seperti permen gulali kata sepupu & ibu mertua saya ..jadi malu hehehe
its oke,,namanya juga masih belajar… tetap Semangat!!
eksekusi kedua pake resep tante saya,,,Alhamdulillah berhasil,,,memuaskan!!!..enak & lembut!! Bahagia sekali saya. ternyata its so easy🙂
Keluarga bilang enak..terutama ibu mertua,,nah ini baru enak😀

Dari sinilah saya jadi semakin semangat untuk belajar dan terus belajar.
Beberapa hari kemudian…pertengahan bulan Oktober 2014 ada teman baik saya (teman semasa SMU) namanya jeng Tristina… anaknya baik, manis & sholehah🙂
mengajak saya untuk Join di salah satu grup masak terkenal di Indonesia sebut saja Natural Cooking Club (NCC)..
Jeng Tristina mengajak saya.. karena tau saya mulai mencintai dunia per-baking-an.
Awalnya gak tau apa itu NCC??? beliau juga yang menjelaskan…NCC adalah bla bla bla…. membuat saya semakin penasaran,,ingin bergabung.
terimakasih ya jeng,,,akhirnya bisa masuk di grup itu.. walo sempet lama juga proses masuk ke grup tersebut…karena kita ketahui grup tersebut adalah Closed grup..
jadi harus ada kenalan untuk mengajak kita supaya bisa join. akhirnya 4 hari kemudian baru bisa masuk deh.
diapprove oleh adminnya, Yah maklum secara member NCC sudah buanyak sekali..ada 50 ribuan member saat itu, wow.. sekarang kalo tidak salah sudah 70ribuan, jadi antri nge-prove nya.
terimakasih ya teman & admin NCC🙂
Dengan bergabung di grup masak.. kita jadi makin tau & tentunya karya ibu2 disana sangat menginspirasi,, karena banyak juga pengusaha kue dan kuliner yang join disana..mereka saling berbagi Ilmu,
berbagi hal2 yang positif tentunya. dan makin banyak teman/kenalan, saling suport.
wow keren sekali!!! yuk buat ibu2 , bapak2 ato siapapun yang ingin belajar,,, browsinglah..berbagilah..karena ilmu itu abadi dan akan terus dibutuhkan🙂
apalagi dengan semakin majunya teknologi,,lebih memudahkan kita untuk terus menggali dan mencari informasi melalui internet..
manfaat yang baik didapat,,yang buruk dibuang jauh-jauh..insyaAllah semuanya akan menjadi berkah🙂 Amin.

Banyak hikmah & manfaat yang saya dapat… dengan belajar otodidak melalui online ini. Tidak menutup kemungkinan saya untuk terus berkreasi membuat resep resep yang lain…saat itu sedang booming kue Pai.. inilah eksekusi kedua saya setelah kue putri salju hehe….ikut berpatisipasi meng-eksekusinya bersama ibu2 di grup Ncc🙂.
begitu buanyak resep keren disana…tangan rasanya tak ingin berhenti..ingin mencobanya…krn itu tadi sesuatu hal yang baru itu yang membuat saya interest ..mencoba hal baru adalah sesuatu yang saya sukai
,,dan bisa melakukannya itu sudah merupakan kebahagiaan batin saya. Rekor dalam 1 bulan saya membuat sekitar 6 resep…saking semangatnya itu tadi hehehe..salah duanya makanan frozen food “Nugget” & favorit keluarga “Brownies”.
Bisa dikatakan ini adalah Hiburan & hobby baru buat saya,,,tentunya jugaaaa buat keluarga dong..saya yang membuat..mereka yang menikmati🙂
Bahagianya seorang Ibu apabila sukses membuat suami & anak doyan makan2an homemade saya hehehe.
yang lebih menakjubkan lagi adalah…tidak cuma keluarga..tetapi teman bahkan “customers” saya pun turut menikmati dengan bahagia dan suka cita.

Customers??? iya berawal dari iseng2 itulah,,,keluarga, teman menyukai kue2/makanan buatan saya…  hingga akhirnya muncullah orderan dari mereka. Sebenarnya kurang Pede juga…harus langsung jualan..namun suami yang nekat promoin hasil karya saya itu melalui bbm. hihihi…tapi inilah tantangan buat saya… mulai mencintai sesuatu,,namun terselip juga bisnis didalamnya… (emang kebiasaan saya suka berbisnis…ujung2nya jualan)😀
yes Alhamdulillah…dengan belajar singkat saya beberapa bulan ini…bisa menghasilkan tambahan pundi pundi keuangan kami, walaupun masih dibilang bisnis kuliner kecil-kecil an.

Yang terpenting adalah ACTION dulu,,kata jeng Tristina memberi suport saya🙂 thanx friend …
ini wujud rasa syukur saya..bahwa saya bisa seperti mereka.
Ga nyangka juga..kalo ujung2nya kebanjiran orderan.

Makanan yang saya jual pertama kali adalah Nugget..terinspirasi jeng Tristina yang juga bakul Nugget lhooo,,, tentu dengan IJIN terlebih dahulu agar tidak terjadi salah paham (pengalaman pribadi saya yang buruk ceritanya😀 takut kejadian lagi)..

kata jeng Tristina…

“Rejeki itu sudah diatur oleh Allah…siapapun berhak berjualan apa saja. Justru bangga punya teman ikutan sukses juga di bisnis frozen food Nugget..kan kita sama-sama belajar…banyak yang jualan Nugget…tak perlu yang namanya harus takut tersaingi dan lain-lain.. semangatttt”

Alhamdulillah lega denger perkataan teman saya itu…membuat saya tenang dan “tidak takut” untuk berjualan yang sama dengan beliau.. (ehemm…mengapa saya memilih Nugget Ayam Sayur karena..”anak saya suka ayam namun tidak suka sayur , dan tentunya praktis & efisien..bisa disimpan lama dalam frezer, disamping itu cara membuatnya juga mudah.. anti gagal spt cake2 yang berisko bantat dll heheeh…cocok buat pemula seperti saya” mungkin kemudahan itu yang membuat saya tertarik. terimakasih jeng atas pengertiannya😉

itulah yang saya suka di grup NCC ini…orang2 nya baik …mau berbagi & saling suport apalagi berhubungan dengan bisnis kuliner..mereka so welcome banget…karena kita sama-sama belajar & sukses sama-sama di bisnis. Bisa dibilang grup NCC adalah grup para calon pengusaha kuliner,,, yihaaaaaaa…..!!!🙂
mulai dari nol hingga akhirnya BISA.
semua itu tidak lepas dari dukungan/ suport dari keluarga tercinta & teman2.. khususnya my Hubby tercinta🙂
Alhamdulillah saya sukaaaaaaa dengan pengalaman saya ini…. terimakasih teman..terimakasih juga NCC.. terimakasih buat kalian yang telah mendukung saya..hingga akhirnya saya BISA🙂

Kodrat seorang wanita (ibu rumah tangga) ya,,,memang harus begitu,,, BISA MASAK… namun yang saya sebut disini adalah bisa memasak kue (karena saya lebih tertarik dengan dunia per-bakingan kue :D)
Kuncinya adalah NIAT, SUKA, and Do it!! segera Lakukan jika suka!! Jangan ditunda tunda!!
Jangan bilang tidak bisa, sebelum anda mencobanya.
Karena bahwasanya orang Sukses itu berawal dari Tidak Bisa (Nol).

Awalnya saya pesimis…ternyata setelah dicoba..saya bisa dan dalam waktu  2 bulan saya langsung menerima tantangan orderan dari customers (bukan sombong lhoo…banyak juga orang2 diluar sana yang seperti saya ini).. saya bersyukur gak nyangka juga bisa begini..intinya adalah Berani Action & Pede!! Tanpa dukungan teman & suami,,mungkin saya  tidak berani menerima orderan… terimakasih ya teman & suamiku🙂

Bisnis kuliner dikatakan Sukses pertama kali apabila jika customers SUKA.. maka LANJUT lah berbisnis🙂

inilah yang membuat saya semakin bersemangat untuk terus berkarya & terus belajar.

Jangan takut akan resiko & rintangan di depan…Jika Gagal & mengalami cobaan..jangan menyerah,,teruslah berkarya.

Jika ada orang lain yang tidak suka dengan usahamu..jangan dipikirkan!

Karena itu menandakan kita mempunya nilai Lebih dari mereka. be positive thinking…🙂

Anggap itu adalah ujian untuk kita agar kita tidak menyerah pada karya / usaha kita selama ini. Karena bahwasanya untuk menuju kesuksesan pasti ada lika liku,,tantangan..rintangan.. bahkan ada juga yang tidak suka. Tinggal seberapa besar kemampuan kita dalam mempertahankan bisnis/ usaha kita.. jangan menyerah & terus bersabar… minta pertolongan pada Allah. (jadi curcol :D)

Mungkin itu saja singkat cerita pengalaman saya..asal muasal bagaimana saya tertarik dengan dunia masak.
mulai dari saya NOL (tidak tau soal masak) hingga akhirnya Bisa..dan akhirnya berujung Bisnis.

Mungkin ada beberapa orang diluar sana kaget kenapa saya bisa memasak? dan ujung2nya bisnis? (padahal sebelumnya saya NOL sekali). Jawabannya adalah karena saya dipertemukan dengan orang orang yang hebat yang mencintai saya dengan tulus…men-suport saya di dunia baking & karena ketekunan serta niat saya yang kuat untuk terus BELAJAR dan belajar. Ditambah status saya sebagai ibu RT yang dituntut untuk bisa memasak pastinya. hehe.

Mungkin ibu-ibu diluar sana juga banyak yang mengalami serupa dengan saya… dari NOL hingga Bisa dan jadi pebisnis kuliner….udah buuanyakkkkkk bangettttttt……. merekalah yang MENG-INSPIRASI saya🙂

Semoga tulisan saya ini bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin belajar. saya disini juga masih belajar.. dan masih butuh ilmu yang banyak🙂
Jangan patah semangat.. terus berkarya. karena setiap manusia yang hidup berhak untuk terus berkarya..berikhtiar..mengekspresikan segala kemampuannya
yang tentunya berguna bagi diri sendiri & semua orang😉

HAPPY COOKING..Selamat Belajar
Salam Sukses, semangat & selalu berfikiran Positif.
agar makanan yang kita buat akan menghasilkan sesuatu yang positif & luarrrr biasaaaaa🙂

salam,

eka

Tinggalkan Balasan

