Suntik Tetanus Toksoid (TT)

Standar

Selamat Siang… mo bagi2 cerita niee..khususnya buat kamu2 yg mau menikah yaa…. tp buat kamu2 yg blm gak pa2 lah..itung2 buat nambah pengetahuan kamu sblm menikah. gini niee…seperti pengalamanku hari Sabtu kemarin (22 mei 2010) diantar calon suami ke puskesmas terdekat jam 10.30 wib untuk melakukan suntik TT … sebenarnya aku paling takut disuntik..jd inget jaman kecil dulu…nangis menjerit-jerit klo disuntik :D… WAAAA….kebayang jarum gedhe bgt menusuk lenganku yg mungil..OH NOOO..!!! But..tu mang udah kewajiban pemerintah sekarang..khusus capeng alias calon pengantin paling gak 2 bulan-1 minggu sebelum hari H menikah…harus suntik TT dulu!! mau gak mau…aku yg anti dengan jarum suntik harus berani ngadepin tu smua.. klo mang tu demi kesehatan oke deh…hehehe T_T

pengen lebih tau detail about TT: nama bekennya adalah Imunisasi tetanus (TT, tetanus toksoid) memberikan kekebalan aktif terhadap penyakit tetanus. Buat calon pengantin..imunisasi TT diberikan sebanyak 5 kali, TT pertama dilakukan 2-1 minggu sebelum menikah, TT kedua dilakukan minimal 4 minggu setelah TT-1. TT ketiga dilakukan 6 bulan setelah TT-2, TT keempat dilakukan 1 tahun setelah TT-3 kemudian TT kelima dilakukan 1 tahun setelah TT-4. WOW…ribet jg niee….yg siap nikah mau gak mau kudu berani yg namanya suntik TT. Ho Ho Ho😀

Tapi tenang aja..setelah kemarin aku rasa-in gak sakit kok… cuma kayak digigit semut merah aja…hehehehe😀

By the way…. Gak cuma buat capeng aja sih…TT jg diberikan kepada ibu hamil, imunisasi TT diberikan sebanyak 2 kali, yaitu pada saat kehamilan berumur 7 bulan dan 8 bulan. Vaksin ini disuntikkan pada otot paha atau lengan sebanyak 0,5 mL.

Efek samping dari tetanus toksoid adalah reaksi lokal pada tempat penyuntikan, yaitu berupa pembengkakan dan rasa nyeri. Tapi emang bener sih….sumpeh deh,,,setelah suntik rasanya ni lengan nyeri bgt…paling lama 1 minggu nyeri hilang…tp gpp yaa..demi kesehatan calon Ibu & calon bayi kelak. ^^

Okay deh…setelah urusan suntik-suntikan usai sudah..(emang main2an yah..suntik suntikan wkwkwk) :p aku diberi surat keterangan/bukti klo udah melakukan suntik TT dari puskesmas.. yg mana tuh surat digunakan sebagai syarat /tembusan ke KUA sebagai pelengkap pengurusan surat Nikah. Oke deh…dari puskesmas..kami lansung meluncur ke KUA (Kantor Urusan Agama).

Okay tu aja kali cerita dari aku…. btw setelah aku nulis ini ni lengan aku udah gak nyeri lagi.. makanya ni jd semangat nulis lg..tuh kan..cuma bentar kok sakitnya….hehee…:)

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s