KUE CUCUR

Gambar
KUE CUCUR

Gegara makan bubur manado disalah satu tempat kuliner favorit keluarga kami di kota Solo… sempat melihat kue bulat manis berwarna coklat di ujung meja makan..saking penasarannya saya ambil kue itu..bentuknya unik ada yang menonjol ditengah seperti Gong gamelan.. dan setelah saya icip2….ehmmm nyummiiii banget rasanya sangat manis sekali…enak!!!
dan saya pun mulai teringat kue ini.. dulu saya pernah memakannya saat saya masih sekolah..tepatnya saat mami saya masih hidup (sekarang sudah almarhumah)…
iya ini salah satu kue tradisional kesukaan mami saya.
ehmmmm… pikir punya pikir jadi pingin eksekusi kue ini..hanya saja saat itu saya lupa dan tidak tau namanya apa??😀
setelah browsing2 di internet akhirnya ketemu juga… dengan kata kunci di google “kue tradisional khas manado” ooow ternyata namanya kue cucur… browsing2 lagi tertulis disana kalo kue ini juga menjadi makanan khas daerah lain seperti jawa barat Betawi/ Sunda..entah deh benar yang mana…mungkin tiap daerah punya kue cucur sendiri2 kali ya…soto aja tiap kota ada ..cucur mungkin salah satunya hehe…yang jelas kue cucur ini salah satu kue tradisonal khas Indonesia.
Harus berbangga hati negara yang kita cintai ini memiliki sejuta makanan dan kuliner yang beraneka ragam lezat dan nikmat yang perlu kita lestarikan.

salah satu melestarikannnya adalah dengan cara meng-eksekusinya..Yesss!!🙂

Jadi gak sabar eksekusi kalo begini caranya (baca: ngilerrr duluan) iya kaaaaaaan….
Nah bagi yang penasaran dengan resep Kue Cucur berikut Resepnya. ini salah satu resep kue cucur yang menurut saya menarik dan enak untuk di coba..simple dan mudah.

KUE CUCUR
Re-cooked by. eka-amorakitchen
(adaptasi dari resep DapurGriyaKhayangan)

Bahan:
500 mi air santan kelapa (saya pakai santan kara)
1 lembar daun pandan
2 lembar daun jeruk purut (saya tidak pakai.. karena tidak ada :D)
200 gr gula merah + 50 gr gula pasir
1 sdt garam
250 gr tepung beras
50 gr tepung terigu

Cara membuat:
1. Rebus gula merah, gula pasir, air santan kelapa 500 ml bersama daun pandan dan daun jeruk purut, masak hingga mendidih dan gula larut, biarkan hangat.
2. Masukkan air gula hangat ke dalam campuran tepung beras dan tepung terigu…lalu masukkan garam, adonin aduk dengan cara di kopyok dengan memakai tangan hingga adonan rata dan licin.
3. Terus lakukan mengadon dengan tangan sambil cairan tepung di kopyok..maksudnya dikeplok-keplok pake tangan, kopyok selama 20 menit.
4. Diamkan adonan atau istirahatkan kurang lebih 2-6 jam, lebih lama lebih baik.

5. Goreng diwajan panas (api sedang saja) satu sendok sayur dengan minyak goreng panas (kira-kira 5 sendok makan minyak goreng).
6. Kalau sudah kelihatan ditengah-tengah cucur menggembung..tusuk dengan lidi/tusuk gigi…untuk tes kematangan. dan jangan lupa sambil disiram-siram dgn minyak bagian atasnya cucur. Jika sudah kering dan matang angkat, lakukan sampai adonan habis digoreng.

Alhamdulillah done… beginilah hasil foto nya….Suka krn Rasanya yg manissss …
Tapi gak tahan dengan minyak nya yg wow banget…
wajib sedia tisue untuk menghilangkan minyak-minyak yang menempel.

Next insyallah tidak akan bosan dengan kue ini… next eksekusi saya ingin buat lagi…hanya saran jangan sering2 ya..kolesterol tinggi ,,,oily bangetttt🙂

14517421_1641018566195654_380263331794688351_n

Resep”Serabi Pandan Kuah Kinca”

Standar
Resep”Serabi Pandan Kuah Kinca”

Lagi seneng2nya bikin kue tradisional…
Salah satu makanan yang dulu sering dibuat mami saya…Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga eksekusi kue ini…udaaaah lama kepinginnyaaaaa.. Lebih nikmat lagi jika menggunakan buah nangka atau durian dalam kuahnya…namun berhubung tidak ada nangka dirumah… so seadanya bahan saja…dari resep yang bertebaran di internet..saya gabungkan/ modifikasi resep2 tersebut insyaAllah menjadi resep yang lebih sederhana dan mudah.. juga enak. sudah saya buktikan…enaaaaak bangettttttt!!!  Penasaran dengan resepnya…

SERABI PANDAN KUAH KINCA
Resep: eka – amorakitchen (hasil modifikasi sendiri)

Bahan:
– 100 gram tepung beras
– 100 gram tepung terigu serba guna/protein sedang
– 1/2 sendok teh baking powder
– 1/2 sdt ragi instan (saya pakai merk Fermipan)
– 1/2 sdt garam
– 2 sdm gula pasir
– 2 butir telur, kocok lepas
– pasta pandan
– 200 ml santan
– 1 sdm margarine dicairkan
– 1 sdt vanili bubuk

Bahan kuah kinca:
– 300 ml santan
– 80 gram gula merah (jika kurang manis bisa ditambah gula pasir)
– 2 lembar daun pandan, simpulkan
– 1/2 sdt garam
– 1 sdt maizena larutkan dengan 2 sendok makan air

Cara membuat:

1. Rebus santan, garam.
2. Campur tepung beras, tepung terigu, gula pasir, fermipan, baking powder dan vanili aduk rata dengan spatula.
3. masukkan santan yang sudah direbus (suam2 kuku) sedikit demi sedikit..aduk lagi sampai tak ada yang bergerindil. Tambahkan pasta pandan. aduk merata. (jika masih bergerindil saring).
4. masukkan kocokan telur dan margarin cair, aduk hingga rata.
5. Diamkan adonan dengan tertutup kain bersih di suhu ruang selama 2 jam atau hingga permukaan adonan tampak muncul busa/gelembung kecil.
6. Panaskan wajan (saya menggunakan teflon kecil), adonan serabi siap dipanggang.

14650494_1641854902778687_7376693516124593777_n

14656259_1641854949445349_753417515288249291_n

Alhamdulillah selesaiii juga…
Pada foto hasil kue saya ini..jujur gak pake diem2in adonan sampai lama berjam2.
Karena dikejar waktu pula..takut keburu sore…pencahayaan fotonya yg gak bagus..
Yessss tanpa pake lama…kira 15 menit langsung masak pake teflon.. alhamdulillah sarang masih mau keluar jadi masih aman lah..walopun tidak terlalu mengembang Xixixi…

sisa setengah adonan saya simpan dalam kulkas untuk dimasak esok harinya (ingat saat mau dimasak esoknya keluarkan adonan dari kulkas didiemin sampai suhu ruang dulu ya)..dan memang benar semakin lama didiamkan hasilnya lebih mengembang.. sarangnya lebih banyak keluar (untuk foto serabi yang saya diamkan seharian ..maaf tidak sempat saya foto,,keburu habis dimakan anak saya dan suami :))

Jangan Ragu untuk mencoba……rasanya enakkkkkk🙂

Happy Cooking🙂

 

 

 

 

 

 

 

Gluten Free Vanilla Cake

Standar

Alhamdulillah akhirnya bisa menulis lagi…🙂

masih soal per-kue-an… sekarang saatnya membahas diluar  tepung terigu.

Bosan yaa.. kalo bikin kue / cake itu itu saja… membuat cake dari bahan utama terigu itu sudah biasa… coba sekarang kita membuat cake dari bahan yang bebas gluten yang pasti lebih sehat lho, kebetulan memang saya & keluarga memiliki sensitifitas terhadap gluten… kepikiran deh utak atik menciptakan resep sederhana mudah dan cepet.. walaupun tanpa emulsifier teksturnya tetep lembutttt & enak…saya menggantinya dengan maizena agar lebih lembut. makanya gak bosan2 eksekusi kue ini untuk keluarga tercinta. Sebelumnya saya sudah posting resep brownies gluten free… sekarang giliran Cake Vanila dari Tepung Beras mix.  ini adalah salah satu makanan favorit keluarga setelah brownies gluten free hehe..

2-3 kali trial akhirnya tercipta juga resep andalan ala bundanya aurel & kimora.. semoga bermanfaat🙂

Gluten Free Vanilla Cake

Resep by. eka – amora kitchen

Bahan:

4 butir telur

150 gram gula pasir

80 gram tepung beras

40 gram tapioka

20 gram maizena

1 sdt vanilla esens

150 ml mentega leleh

cara membuat:

  1. siapkan loyang 20×20, olesi margarin dan taburan tepung.
  2. campur semua bahan kecuali mentega, kocok hingga mengembang.
  3. masukkan mentega leleh kemudian aduk balik.
  4. tuang dalam loyang, panggang kurang lebih 30-40 menit (150 delcel).

ini dia hasilnya…..

Mudah.. cepat..SEHAT.. & Alhamdulillah semua suka🙂

1533849_1561231714174340_5790651080603562083_n 10406951_1561231764174335_6543858563416265663_n